Friday, December 7, 2012

Analisa Lingkungan Eksternal


Perusahaan selalu dipengaruhi oleh lingkungan dimana perusahaan berada, pengaruh ini timbul dan berada diluar jangkauan serta biasanya terlepas dari situasi perusahaan. Analisa eksternal digunakan untuk mengidentifikasi peluang dan ancaman serta kecenderungan masa depan yang digunakan sebagai masukan dalam formulasi strategi.
Analisa ini melihat kecendeungan yang terjadi pada lingkungan eksternal perusahaan yang meliputi aspek :
  • Lingkungan Ekonomi
Faktor-faktor dominan yang mempengaruhi perekonomian secara menyeluruh seperti : kebijakan moneter, nilai tukar uang, tingkat inflasi, tingkat suku bunga.
  • Lingkungan Politis
Faktor-faktor kondisi politis suatu negara / kawasan yang mempengaruhi dunia usaha, seperti : perjanjian perdagangan internasional, kebijakan perburuhan, kondisi politik suatu negara, isu-isu hak asasi manuasia dan lain-lain.
  • Lingkungan Sosial
Faktor-faktor perubahan sosial budaya yang mempengaruhi, seperti : perubahan pola konsumsi, perilaku konsumen, kepekaan konsumen terhadap krisis ekondisi.
  • Lingkungan Teknologi
Faktor-faktor yang disebabkan oleh perubahan teknologi yang mempengaruhi kebutuhan konsumen, seperti : teknologi informasi, perubahan teknologi produksi, perubahan teknologi produk.

No comments:

Post a Comment